INCLUDE_DATA

Sumatra Pulau Digital

Pada tahun 2008, Telkom telah mengembangkan sebuah visi kebangkitan ICT (Information and Communication Technology) yang dinamakan “Sumatra Pulau Digital“. Memayungi kegiatan Corporate Social Responsibility Telkom Sumatra, “Sumatra Pulau Digital” ini memiliki sebuah obsesi untuk memerangi kesenjangan digital yang masih cukup tinggi antara Indonesia dengan negara. Data dari Internetworldstats (www.internetworldstats.com/asia.htm) menunjukkan bahwa sampai dengan Mei 2008 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 25 Juta atau masih 10,5% dari total penduduk Indonesia dengan tingkat penetrasi tersebut Indonesia masih dibawah Malaysia, Taiwan dan Vietnam . Untuk itu pengembangan ICT Sumatra akan fokus kepada apa yang disebut 3 Pilar Komunitas Digital antara lain :

  1. Community yaitu dengan menciptakan komunitas masyarakat yang menjadikan ICT sebagai bagian dari media interaksi keseharian
  2. Access yaitu dengan memfasilitasi Pulau Sumatra dengan infrastruktur digital sehingga dapat terlayani access broadband internet
  3. Content yaitu dengan mengembangkan content-content digital sebagai sarana komunikasi

Mengacu pada tiga pilar utama pengembangan ICT diatas, maka pada saat ini Telkom secara berkelanjutan terus mengembangkan tingkat akses broadband hingga mencakup 90% (126 IKK) dari seluruh wilayah ibukota kabupaten/kotamadya se Sumatra telah terlayani Speedy, menyelenggarakan 2.002 titik Telkom Hotspot yang tersebar di berbagai area publik se Sumatra, meningkatkan kapasitas downstream dan upstream Speedy hingga mencapai 1024kbps dan 128kbps.

Telkom juga secara aktif terus mendukung pembangunan content-content digital, yang hingga saat ini telah tercatat sedikitnya 126 website yang dikembangkan di berbagai komunitas, mulai dari Kampung Digital, Masjid Digital, Sekolah Digital hingga Pustaka Digital (www.terangbulan.kampungdigital.com , www.baiturrahman.masjiddigital.info , www.i-sekolah.orgwww.kodam1-bb.info, www.Sumatrea-Gamers.com dll) . Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menodorong pengembangan komunitas digital itu sendiri melalui penyelenggaraan pelatihan internet gratis dalam program “Education for Tomorrow”, membangun masyarakat cerdas bersama Telkom dengan menyelenggarakan program pelatihan gratis bagi 1 Juta pelajar se Sumatra. Hingga akhir 2008, setidaknya tercatat 238,339 siswa se Sumatra telah teredukasi internet dan siap membangun budaya digital di Sumatra. Selain itu TELKOM Divre I Sumatra juga berkolaborasi dengan komunitas Open Source dalam membentuk IGOS Sumatra Centre. Dengan pencapaian seperti yang disebutkan diatas maka di tahun 2008 Telkom Divre I Sumatra telah cukup berhasil di dalam mengembangkan 3 pilar penting pengembangan ICT yaitu community, content dan access.

Tahun 2009 Telkom Divre I Sumatra kembali mencanangkan tahun 2009 sebagai Tahun Kreativitas Digital Sumatra yang merupakan arah untuk mengoptimalkan penggunaan ICT dari tingkat kebutuhan (informasion age) menjadi ICT sebagai bagian dari seluruh kehidupan kita (conceptual age) untuk mencapai terbentuknya “future lifestyle” dimana kita akan bekerja, berbicara, belajar, berdiskusi, dan berbelanja melalui ICT. Terdapat 3 hal penting di dalam 2009 sebagai tahun Kreativitas Digital Sumatra, yaitu:

1.        Penyediaan completed & integrated content services dimana seluruh pelaksanaan aktivitas dan pencarian informasi akan dapat dilaksanakan anywhere, anytime, everywhere and everytime bagi seluruh pelanggan telkom divre i sumatra.

2.       Pembentukan enhanced community dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman ict yang lebih advances sehingga dapat lebih berperan sebagai katalisator, motivator dan influencer di dalam memperluas dan mengembangkan pemahaman pentingnya ICT di Sumatra.

3.      no broadband blankspot“, yang berarti dimanapun kita berada Telkom Divre I Sumatra akan berkomitmen untuk menyediakan layanan broadband internet akses baik melalui layanan speedy maupun hotspot.

Keberhasilan mewujudkan tahun Kreativitas Digital Sumatra 2009 sebagai tahun kebangkitan ICT Sumatra akan mampu memperkecil kesenjangan digital divide sehingga membuat masyarakat Sumatra memiliki akses digital terhadap informasi dan ilmu pengetahuan yang semakin lebar sehingga mampu menunjang perekonomian dan kemajuan bangsa. Hal ini akan menjadi wujud nyata komitmen Telkom Divre I Sumatra kepada masyarakat, bangsa dan negara.