INCLUDE_DATA

Menuju INSYNC 2014 Melalui MoU antara Divisi Access TELKOM dengan Fujikura Ltd. Co.

Di tengah derasnya arus persaingan antar operator telekomunikasi, Telkom berupaya terus untuk tetap eksis dalam menjawab berbagai tantangan teknologi. Salah satunya adalah dengan melalui penerapan INSYNC 2014 (Indonesia Synchronize 2014).

 

INSYNC 2014 merupakan komitmen Telkom untuk mewujudkan future lifestyle dengan era digital berbasis NGN. Salah satu grand scenario infrastruktur pada INSYNC 2014 adalah network transformation, dimana penggunaan kabel tembaga akan terus dikurangi dengan menggunakan kabel fiber optic.

 

Salah satu wujud dari network transformation adalah dengan penggelaran kabel fiber optic sampai ke kawasan perumahan, yaitu Fiber To The Home (FTTH). Untuk mendukung itu semua, bertempat di Restaurant Harum Sari Jakarta (02/08), Muhammad Awaluddin selaku EGM Divisi Access yang mewakili PT. Telkom melaksanakan penandatanganan MoU dengan Fujikura Ltd. yang diwakili oleh Mr. Takatoshi Arai, dimana Mr. Takatoshi Arai ini merupakan General Manager of Global Telecommunication Strategy and Marketing Division. Fujikura Ltd. merupakan salah satu perusahaan Jepang yang memiliki keahlian dalam bisnis teknologi jaringan fiber optic, mulai dari kabel fiber optic sampai dengan komponen jaringan kabel fiber optic.

 

Tujuan utama dari penandatanganan MoU ini adalah sebagai sarana untuk mendukung kerja sama antara PT. Telkom, khususnya Divisi Access, dengan Fujikura Ltd. Kerja sama tersebut dalam bidang pertukaran pengetahuan, perancanaan, dan implementasi, serta kegiatan kolaborasi teknologi FTTH yang terkait dengan keahlian Fujikura Ltd.

Dalam suasana yang santai dan penuh keakraban, EGM Divisi Access mengatakan bahwa MoU ini jangan hanya sekedar sebuah perjanjian kerja sama yang tercantum dalam sebuah dokumen saja, tetapi harus dapat direalisasikan. Ia menawarkan kepada Fujikura Ltd. untuk membangun sebuah Pilot Project FTTH pada sebuah kawasan perumahan, dimana Fujikura dapat men-declare bahwa pembangunan FTTH ini di-support penuh oleh Fujikura Ltd.

 

Dalam pilot project ini kebutuhan kabel serta komponen pasif untuk layanan FTTH akan disediakan oleh Fujikura, sedangkan untuk tenaga SDM disediakan oleh Divisi Access didampingi oleh tenaga ahli dari Fujikura. Mr. Takatoshi Arai menyambut baik tawaran ini dan akan ditindaklanjuti oleh team dari Fujikura. Acara penandatangan ini diakhiri dengan saling memberikan cindera mata sebagai kenang-kenangan dari masing-masing pihak.***DIVA Telkom

 

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.