INCLUDE_DATA

Biar Di Desa, Kita Bisa Lihat Dunia !

Kita pasti pernah melihat iklan di televisi yang menayangkan betapa seriusnya anak - anak di pedesaan yang bisa “melihat dunia” melalui internet. Ini adalah iklan layanan dari PT Telkom Tbk. yang menjelaskan bahwa internet sudah mulai masuk ke pelosok - pelosok desa. Saya ingat betul bahwa iklan tersebut di buat pada medio tahun 2006 di sebuah desa di Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor (berbatasan dengan kabupaten Bekasi). Saat itu Telkom bekerja sama dengan Advertising Agency AD WORK/EURO RSCG dengan program director mas Ipang Wahid bekerja sama membuat iklan promo tersebut. Hampir 4 malam seluruh crew dan termasuk saya berada di kampung yang kalo malem listriknya aja masih terbatas pasokan dayanya itu.

Di iklan tersebut diperlihatkan betapa manfaat besar yang akan diperoleh bagi masyarakat pedesaan pada saat internet masuk ke desa mereka yang diperlihatkan dengan antusiasnya seluruh aparat desa dan sekolah akan kehadiran internet. Diperlihatkan gambar dan tayangan yang menunjukan betapa seriusnya para siswa sekolah dasar menunggu “kedatangan” internet di sekolah mereka. Sungguh iklan yang sangat menyentuh, tentunya hanya bagi kita yang peduli akan hal ini.

Sekarang memang sedang diberdayakan agar internet bisa diakses diseluruh daerah di indonesia hingga ke daerah - daerah terpencil sekalipun. Saat ini PT Telkom Tbk. khususnya di Sumatra dalam program “EDUCATION FOR TOMORROW” sangat gencar memberikan bantuan berupa peralatan - peralatan komputer beserta peralatan - peralatan untuk mengkoneksikan komputer tersebut ke internet, seperti modem, telepon kabel, access point/Wi-Fi, perangkat Radio IP, dll untuk sekolah - sekolah dan desa-desa/kampung serta komunitas masyarakat lainya. Kita harus bangga terhadap kepedulian Telkom ini.

Hari ini, tanggal 29 Desember 2008, tepat pada 1 Muharram 1430 H, pada acara tabligh akbar menyambut tahun baru Hijriah 1430 H, di lapangan Merdeka - Medan dihadapan Gubernur Sumatra Utara Bapak H. Syamsul Arifin, SE dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Propinsi Sumatra Utara telah juga diserahkan secara simbolis kepada Pesantren Darul Arafah di Desa Lau Bakeri Kabupaten Deli Serdang perangkat ICT untuk dukungan Pesantren Darul Arafah menjadi Pesantren Digital pertama di Sumatra. Tentu saja hal-hal seperti ini kita harapkan dapat terus berkembang ke daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Mungkin dari hal yang sekecil ini, akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan di indonesia terutama di daerah - daerah terpencil. Para siswa di daerah terpencil tidak akan kalah pandainya dengan siswa - siswi di kota - kota besar, sehingga pendidikan di indonesia dapat merata. Mungkin ini bisa menjadi langkah awal terwujudnya pendidikan yang bermutu dan berkualitas di indonesia. “Indonesia, Bisa!”

2 Responses

  1. avatar MazRuci Says:

    Di Bogor insya alloh IG2S masih dilanjut pak, meskipun sepertinya kurang mendapatkan tanggapan yang serius, kalau sempat silahkan bapak kunjungi blog saya di http://www.ruci.co.cc
    Terima Kasih

  2. avatar Grace Says:

    Saya mendukung sekali program internet masuk desa ini. saya ingin daerah saya, di asahan sumut, juga bisa memiliki layanan internet untuk masyarakat. kalau saya mau buat, bagaimana prosedur kerjasama dengan telkom atau melalui program PLIK?

    terimakasih,
    Grace

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.